Operator Produksi: Pengertian dan Tugas

Proses produksi dari setiap perusahaan harus dilaksanakan dengan baik serta sesuai standar, karena itu butuh karyawan yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Operator produksi merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

Peranan yang dimiliki begitu besar untuk proses produksi di perusahaan. Jumlah operator produksi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan berbeda-beda, tergantung dengan banyaknya produksi yang ingin dilakukan. Untuk mengetahui operator produksi lebih jauh simak artikel di bawah ini, yang mencakup pengertian, tugas, tanggung jawab, kualifikasi, dan proyeksi kariernya.

Operator Produksi: Pengertian dan tugas

Pengertian

Operator produksi merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk mengoperasikan peralatan atau mesin untuk membantu suatu proses pembuatan, pengemasan, perakitan, serta langkah lainnya dalam jalur produksi. Posisi ini adalah bagian yang esensial sebab sebagai penentu hasil produk perusahaaan. Sebagian besar pekerjaan operator produksi dilaksanakan di pabrik atau warehouse, walaupun ada juga terlibat dalam distribusi barang.

Bisa saja pekerjaan yang dilakukan berbeda-beda pada setiap perusahaan, operator produksi mungkin diharuskan bekerja dengan mesin maupun jenis mesin yang kompleks. Deskripsi pekerjaan operator produksi untuk perusahaan elektronik mungkin mempunyai perbedaan signifikan dengan perusahaan makanan.

Operator produksi adalah pekerjaan yang memiliki target di mana sudah ditentukan oleh perusahaan baik secara individu atau pun tim. Kamu juga diwajibkan untuk menjaga lingkungan kerja dalam kondisi yang aman dan bersih setiap waktu menurut ulasansaya.com .

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Produksi

Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti dan lakukan secara berulang agar produk-produk dapat dipasarkan seperti mengemas, merakit, serta mengirimkannya. Tugas dan tanggung jawab operator produksi adalah melakukan setiap langkah-langkah tersebut dengan benar dan aman. Kewajiban operator produksi meliputi mematuhi pedoman keselamatan di setiap saat dan memastikan bahwa hasil akhir produk memenuhi standar kualitas perusahaan.

Tugas Operator Produksi

Ada beberapa jenis tugas operator produksi yaitu perhatikan setiap detail, mengikuti intruksi, dan memastikan pengoperasian alat dilakukan secara aman. Penting bagi operator produksi untuk mampu bekerja di bawah tekanan, di mana harus mencapai target yang sudah ditentukan, ketika terjadi kerusakan mesin, atau mengatasi keadaan darurat lainnya.

Secara umum, tugas operator produksi yaitu:

  1. Membantu pengaturan alur produksi serta memperbaiki kerusakan, dan juga apabila terdapat potensi peningkatan proses produksi segera melapor.
  2. Meyiapkan peralatan dan mengoperasikan mesin produksi yang distugaskan surpervisor, dengan tetap mematuhi kebijakan perusahaan serta standar K3.
  3. Melakukan inspeksi dan pemeliharaan peralatan secara berskala untuk memastikan kapasitas dan kualitas produksi terpenuhi dengan konsisten.

Operator produksi adalah profesi yang bisa bekerja untuk berbagai macam perusahaan. Pekerjaannya meliputi berbagai aspek dari proses manufaktur dan menciptakan semua jenis produk yang diinginkan perusahaan.

Tanggung Jawab Operator Produksi

Tanggung jawab operator produksi yaitu pengawasan terhadap alat atau mesin, pembuatan berbagai macam produk, serta rekan kerja lainnya. Tak hanya itu, pengiriman, pengemasan, sampai dokumentasi hasil dari pekerjaan juga termasuk dalam tanggung jawa yang harus dipenuhi.

Selain itu, operator produksi harus paham yang baik akan terkait standar dan regulasi produksi untuk bisa mengoperasikan mesin dengan aman dan efesien dalam lingkungan kerja. Hal lainnya yaitu operator produksi harus memperhatikan menyimpan catatan hasil akhir dan membandingkannya dengan jadwal produksi.

Peran lain dari operator produksi adalah memasukkan bahan mentah untuk diolah, mengawasi pengemasan barang, memeriksa temperatur pengoperasian, hingga memeriksa kualitas akhir produk. Sangat umum untuk operator produksi berpindah-pindah bagian atau tim untuk mempelajari alur lain di setiap operator produksi. Hal ini mampu memberikan kamu kesempatan untuk mempelajari skill baru.

Kualifikasi menjadi Operator Produksi

Profesi operator produksi biasanya tidak mewajibkan kamu memiliki kualifikasi atau latar belakang tertentu. Biasanya, kualifikasi pendidikan untuk menjadi operator produksi adalah minimal ijazah sekolah menengah atas atau setara. Pelatihan khusus bisa saja diperlukan, terutama jika kamu harus bekerja dengan menggunakan peralatan mesin berteknologi tinggi. Tidak perlu khawatir karena ada beberapa perusahaan mengadakan on-the-job-training untuk karyawannya.

Memiliki stamina yang baik juga penting, mengingat kamu akan banyak berdiri ketika bekerja dan mungkin saja kamu akan mengangkat barang-barang yang berat. Selain itu, di bawah ini ada beberapa kemampuan yang penting kamu miliki untuk menjadi seorang operator produksi.

  1. Kemampuan untuk menganalisis
  2. Kemampuan komunikasi yang baik
  3. Mampu mengoperasikan komputer
  4. Berpengetahuan tentang mekanik
  5. Memiliki kekuatan dan stamina fisik yang baik

Proyeksi Karier Operator Produksi 2022

Operator produksi merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak diperlukan terutama untuk perusahaan manufaktur. Jika kamu melamar pekerjaan menjadi operator produksi, pastikan kamu untuk membaca teliti deskripsi pekerjaan. Jika kamu memiliki pengalaman bekerja terkait produksi, tentunya akan menjadi nilai plus.

Kelebihan operator produksi adalah pekerjaan yang memiliki jenjang karier. Jika kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam dari profesi ini, kamu bisa menjadi supervisor, leader, maupun manajer. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi trainer untuk para karyawan baru atau spesialis dalam memperbaiki mesin.

Sebagian besar operator produksi adalah bagian dari serikat pekerja, karena kamu bisa meningkatkan karier sekaligus mendapatkan sebuah upah yang adil.

Tinggalkan komentar