Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Stakeholder

Stakeholder adalah beberapa kelompok yang mempengaruhi aktivitas suatu perusahaan untuk mewujudkan tujuan. Untuk lebih tepat dan jelasnya mengenai seputar stakeholder mari ulas penjelasan berikut ini. Yaitu berupa pengertian, fungsi, peran, serta jenis.

Pengertian Stakeholder

Dalam buku bertajuk Stakeholder Relation karya Helpris Estaswara menjelaskan arti stakeholder adalah sebuah frasa yang terbentuk dari dua kata, yaitu ‘stake dan ‘holder’. Secara umum, kata ‘stake’ artinya adalah ‘kepentingan’, sedangkan kata ‘holder’ artinya adalah ‘pemegang’. Sehingga stakeholder dapat diartikan ‘pemegang kepentingan’.

Adapun pendapat dari Wheelen dan Hunger yang tertulis di buku Manajemen Stratejik oleh Dr. Ivan Yulivan, yang menjelaskan bahwa stakeholder adalah sekelompok orang yang mempengaruhi serta dipengaruhi kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan. Terciptanya hubungan yang baik antar stakeholder bisa mencerminkan strategi perusahaan yang baik juga.

Sedangkan dalam buku Manajemen Public Relation menurut ulasansaya.com : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia oleh Rhenald Kasali, menyebutkan bahwa stakeholder merupakan setiap kelompok yang ada di dalam maupun luar perusahaan yang memiliki peran dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa keberlangsungan dan kesuksesan dalam suatu perusahaan tergantung dari para pihak-pihak terkait yaitu stakeholder.

Fungsi Stakeholder di Perusahaan

  1. Menentukan Kesuksesan perusahaan: Stakeholder dalam perusahaan merupakan berbagai pihak yang mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung dengan kesuksesan sebuah perusahaan.
  2. Menjalin Relasi: Stakeholder perusahaan harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan hubungan dan jaringan dengan berbagai pihak, yaitu untuk mendukung mensukseskan tujuan serta idealitas perusahaan yang diharapkan.
  3. Memenuhi Permintaan: Stakeholder setiap perusahaan harus bisa menciptakan kelengkapan perusahaan termasuk berbagai sistem, atribut, dan perangkat yang bisa memenuhi harapan masyarakat.
  4. Mewujudkan Tujuan: Stakeholder juga memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam mewujudkan tujuan dan idealitas yang diharapkan oleh perusahaan.

Peran Stakeholder

Mengarahkan Uang

Stakeholder utama merupakan investor besar perusahaan. Mereka dengan bebas bisa kapan saja membawa serta mengambil uang dari perusahaan. Keputusan mereka juga tergantung dengan pada kinerja keuntungan perusahaan. Beberapa orang penting bisa menambah atau mengurangi investasi untuk mengubah harga saham di pasar dengan tujuan untuk menguntungkan mereka.

Mengambil Keputusan

Stakeholder utama adalah dari dewan direksi. Mereka membawa lebih banyak ide serta berperan penting untuk membuat keputusan. Mereka juga memiliki kekuasaan atas menunjuk jajaran manajemen. Maka dari itu, mereka hadir di semua bidang pengambilan keputusan utama.

Mengarahkan Manajemen

Mereka-mereka yang memiliki peran penting bisa menjadi bagian untuk membantu dalam mengambil tindakan. Mereka mampu mengambil alih departemen tertentu seperti sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, layanan, serta mengelolanya untuk memastikan kesuksesan.

Tanggung Jawab Lain

Mereka juga memegang beberapa tanggung jawab lainnya. Mereka mengidentifikasi strategi baru untuk meningkatkan penjualan dengan mengantongi ide pemasaran yang lebihh banyak. Mereka mampu menjadi bagian dari dewan seleksi maupun perwakilan perusahaan.

Memantau SDM

Stakeholder meurpakan pemangku kepentingan utama perusahaan serta memantau semua aktivitas utama dalam perusaahan. Mereka bisa membuta perusahaan untuk mematuhi undang-undang Hak Asasi Manusia (HAM) dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Jenis-Jenis Stakeholder

Kualitas Produk

Tentunya pelanggan adalah raja. Sebuah usaha yang dibangun adalah untuk melayani mereka. Pelanggan sebenarnya juga adalah stakeholder, karena pendapat mereka dan tren pasar memiliki pengaruh terhadap kualitas produk.

Investor

Pemegang saham ini memiliki peran penting untuk mewujudkan suatu tujuan perusahaan. Karena mereka akan mengharapkan keuntungan tertentu dari modal yang diinvestasikan. Stakeholder merupakan pemegang saham tertentu, tetapi stokeholder juga belum tentu pemegang saham.

Pemasok dan Vendor

Pemasok dan vendor merupakan yang menjual produk dan mampu mempengaruhi sekaligus stakeholder. Pada beberapa industri, pemasok juga mempertaruhkan keselamatan mereka, karena mereka terlibat langsung dalam operasi serta distribusi perusahaan.

Karyawan

Sebenarnya karyawan memiliki peran diperusahaan sebab mereka memperoleh penghasilan ketika bekerja, serta tunjangan lainnya. Tak jarang juga keputusan perusahaan akan melibatkan pendapat beberapa karyawan.

Komunitas

Masyarakat merupakan stakeholder utama dalam bisnis besar. Ketika sebuah perusahaan besar mulai mengenalkan diri pada sebuah komunitas kecil, ada dampak langsung dan siginifikan terhadap pekerjaan, pengeluaran, dan pendapatan di daerah tersebut. Jaadi tidak jarang ada beberapa perusahaan, bisa dibilang perusahaan bidan kecantikan mulai membentuk dan menyasar dalam beberapa komunitas.

Tinggalkan komentar