10 Alasan Pindah Kerja yang Baik Jika Ditanya Saat Wawancara Kerja

Setiap karyawan pastinya memiliki alasan pindah kerja yang berbeda-beda ketika mereka memutuskan untuk pindah perusahaan sebelumnya, beberapa alasan tersebut biasanya akan menyangkut alasan personal dam profesional, dan biasanya untuk alasan pindah kerja sering menjadi pertanyaan saat proses interview kerja.

Alasan pindah kerja yang baik akan memberikan keran yang baik pula pada rekrumen atau wawancara ketika kamu menjawabnya, jangan sampai menjawab alasan tidak kerja ini dengan menjelek-jelekan perusahaan atau atasan kamu sebelumnya. Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja alasan tidak kerja yang baik saat ditanya pada sesi interview kerja kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

alasan pindah kerja yang baik

10 Alasan Pindah Kerja yang Baik

Alasan pindah kerja yang sangat tepat dan baik untuk kemu berikan kepada rekrumen agar mereka menilai positid dan baik pada kamu atas jawaban dari pertanyaan mereka terkait alasan pindah kerja, ada beberapa alasan yang bisa kamu pakai jika ditanya pada sesi interview kerja, untuk alasannya, yakni:

Mendapatkan Tawaran yang Lebih Baik Dari Perusahaan Lain

Alasan pindah kerja yang baik saat ditanya pada sesi interview kerja yang pertama adalah mendapatkan tawaran yang lebih baik dari perusahaan lain, perlu diketahui jika kesempatan kerja bisa saja datang kepada kamu tanpa kamu harus mencarinya terlebih dahulu.

Contohnya adalah ada yang menghubungi kamu melalui via email atau sosial media dan menawarkan posisi yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, biasanya perusahaan akan melihat dari personal branding yang sudah kamu bangyn di sosial media, jadi ini bisa kamu gunakan untuk menjawab alasan pindah kerja ketika sesi interview kerja.

Mencari Lingkungan Kerja Baru

Selanjutnya adalah mencari lingkungan kerja yang baru dan lebih baik, ketika kamu bekerja pada lingkungan kerja yang toxic tentu hal itu membuat kamu tidak nyaman, namun meskipun alasan pindah kerja kamu karena lingkungan yang kurang baik tetapi ketika menjawab alasan tidak kejam kamu harus sebisa mungkin menghindari untuk menjelekan perusahaan yang lama.

Untuk menjawabnya kamu bisa dengan menjelaskan seperti mengungkapkan alasan tersebut, contoh seperti.

  1. Ingin berada di perusahaan yang mempunyai interaksi sosial yang lebih banyak.
  2. Ingin mencari lingkungan kerja yang lebih dinamis.
  3. Ingin mencari bagian dari tim yang lebih besar untuk bisa berkembang.

Career-Switch atau Pindah Jalur Karir

Alasan pindah kerja berikutnya adalah kamu ingin pindah jalur atau switch karir, memilih untuk pindah jalur karir menjadi hal yang begitu wajar di dunia kerja. Hal ini jika kamu memutuskan pindah jalur karir ke bidang lain tentunya kamu harus menemui kesulitan meski sudah memiliki pengalaman kerja.

Seperti saat kamu mengikuti sesi interview kerja, tentu kamu belum memiliki pengalaman yang relevan dengan bidang yang kamu melamar di perusahaan tersebut. Alasan yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menjawab pada sesi wawancara.

Karena Kondisi Keluarga

Berikutnya yang bisa menjadi alasan pindah kerja yaitu karena kondisi keluarga, meski seperti yang sudah kita ketahui bahwa dengan membahas pribadi di tempat kerja tentu tidak di sarankan, karena ini seakan memperlihatkan kamu tidak profesional.

Namun ternyata, kamu bisa saja memberi alasan pindah kerja karena kondisi keluargamu. Contohnya adalah jika kamu seorang wanita yang sudah menikah kamu memilih pekerjaan remote dibandingkan pekerjaan yang harus pergi ke kantor karena kamu harus mengurus keluarga di rumah, terutama jika sudah punya anak.

Karena Kondisi Kesehatan

Alasan pindah kerja yang baik selanjutnya adalah karena kesehatan, kamu bisa menjawab sesi interview kerja kamu harus mengambil istirahat selama beberapa waktu tertentu untuk bisa mengembalikan kondisi kesehatan kamu sebelum melamar pekerjaan kembali. Namun, saat menjawab karena alasan kondisi kesehatan kamu yang kurang baik pastikan saat mengikuti interview kerja perusahaan tersebut kamu sudah memiliki keadaan pulih total supaya perjalanan karir kamu bisa terus berlanut.

Kesempatan untuk Berkembang

Alasan pindah kerja yan baik selanjutnya adalah karena kesempatan untuk berkembang, mungkin saat di tempat kerja kamu sebelumnya kesempatan untuk mendapatkan promosi hampir tidak ada meski kamu sudah merasa loyal pada perusahaan, makan hal ini tentunya bisa saja merugikan kamu dan bisa menghambat perkembangan karirmu untuk kedepannya.

Status Pekerjaan yang Berbeda

Untuk kamu yang saat ini mungkin masih berstatus sebagai karyawan kontrak atau part time, dan saat ini kamu sudah siap untuk mengambil pekerjaan makan alasan pekerjaan bisa kamu berikan ketika interview kerja. Kamu bisa dengan menjelaskan alasan mengapa kamu ingin mencari pekerjaan dengan sistem kerja yang berbeda dari perusahaan sebelumnya, lalu kamu juga bisa mengaitkan dengan karir goals kamu.

Kultur Perusahaan

Pada setiap perusahaan tentu memiliki kultur dan budaya yang berbeda, dan kultur ini akan terbentuk dengan bermacam-macam hal yang ada pada perusahaan tersebiut, mulai dari visi dan misi sampai bagaimana cara serta pola interaksi sesama karyawan digunakan setiap harinya.

Tidak Sesuai dengan Career Goal

Berikutnya adalah tidak sesuai dengan career goal, meski kamu bisa mencintai pekerjaan kamu sebelumnya namun jika tidak ada jenjang karir yang jelas tentu hal ini cukup menghambat kamu ke depannya.

Dengan menemukan beberapa pekerjaan yang bisa membuat kamu mencapai karir goal tentu kamu perlu perjuangan, jadi jika kamu mengikuti proses interview kerja kamu bisa memberikan alasan ini dan menjelaskan bahwa kamu saat ini sedang mencari pekerjaan yang sesuai dan kesempatan untuk mencapi career goal lebih tinggi.

Merasa Overqualified

Alasan pindah kerja yang terakhir adalah Overqualified, kondisi ini adalah kondisi ketika kamu merasa kualifikasi kamu yang terlalu tinggi untuk posisi kamu saat ini serta merasa bahwa skill yang kamu kuasai tidak bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin pada posisi dan perusahaan yang lama.

Kamu juga merasa bahwa peran kamu di perusahaan terasa lebih pasif dan tak bisa melakukan hal yang lebih dengan potensi kamu, karena itu alasan ini bisa kamu gunakan untuk menjawab alasan pindah kerja yang baik saat sesi wawancara kerja.

Nah, itulah pembahasan dari 10 alasan pindah kerja yang baik, semoga beberapa alasan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu yang sedang mengikuti sesi interview di perusahaan. Hal ini perlu diingat jika kamu menjawab alasan pindah kerja jangan sampai kamu menjelek-jelekan perusahaan lama atau atasan karena hal ini akan menurunkan nilai kamu oleh pewawancara.

Tinggalkan komentar