Apa itu Valunteer dan Manfaat Kegiatannya

Valunteer atau sukarelawan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Kegiatan menolong sesama secara suka rela akan menjadikan seseorang mendapatkan pengalaman yang baru hingga dapat memperluas jaringan pertemanan.

Jika begitu, mari simak lebih lanjut apa itu volunteer, alasan mengikuti, manfaat sampai contoh kegiatannya di bawah ini, ya.

Pengertian Volunteer dan manfaat kegiatannya

Pengertian Volunteer

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), volunteer atau sukarelawan adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (bukan karena diwajibkan atau dipaksakan). Sementara itu, melansir varothertham, volunteering digambarkan sebagai suatu kegiatan di mana seseorang meluangkan waktunya untuk membantu organisasi nirlaba atau individu yang tidak berkaitan dengannya.

Alasan Mengikuti Volunteer

Ada berbagai alasan yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi seorang volunteer:

  1. Bisa bertemu orang-orang baru
  2. Mencoba sesuatu yang baru
  3. Membuat lingkungan sekitar menjadi lebih baik
  4. Bisa melihat cara hidup yang berbeda di tempat baru
  5. Melakukan sesuatu yang berguna dan bermanfaat di waktu luang
  6. Mencoba jenis pekerjaan yang mungkin diinginkan
  7. Berbuah lebih banyak dengan hobi serta minat
  8. Untuk melakukan sesuatu yang dikuasai

Cara terbaik untuk menjadi seorang relawan adalah dengan mencocokkan kepribadian serta minat yang kamu miliki. List yang ada di atas bisa membantu kamu untuk mempertimbangkan alasan yang tepat untuk menjadi seorang volunteer.

Manfaat Mengikuti Volunteer

Pastinya, ada manfaat yang didapatkan ketika menjadi seorang volunteer, berikut ini manfaat menjadi seorang volunter, antara lain.

Membantu Mendapatkan Teman Baru

Salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan teman baru sekaligus memperkuat suatu hubungan yang sudah ada adalah dengan melakukan aktivitas bersama. Maka dari itu, menjadi volunteer bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru, terutama jika kamu sedang berada di suatu daerah yang baru.

Meningkatkan Keterampilan Sosial

Beberapa orang mungkin sedikit sulit bertemu orang baru, dengan menjadi seorang volunteer tentu akan menjadi sebuah kesempatan untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan sosial. Karena kamu akan bertemu secara teratur dengan sekelompok orang dengan memiliki minat yang sama.

Cara Menjadi/Daftar Volunteer

Indorelawan

Indorrelawan adalah salah satu organisasi non-profit di Indonesia yang menjadi perantara antara komunitas sosial dengan para relawan yang tergabung. Mengutip dari website resminya, ada lima langkah harus dilakukan agar bisa bergabung di dalamnya.

Buat akun relawan: Seperti pembuatan akun pada sebuah website, kamu hanya perlu dengan membuka website indorelawan.org lalu cari menu buat akun, kemudian klik akun relawan. Dan, isi registrasi kamu akan dapat email aktivasi.

Lengkapi profil kamu: Sesudah aktivasi akun berhasil, silahkan lengkapi profil kamu. Semakin lengkap profil, makan komunitas atau organisasi yang diinginkan juga akan semakin mengetahui talenta yang kamu miliki. Tentunya hal itu akan memperbesar peluang kamu untuk bisa bergabung dengan kegiatan kerelawanan yang kamu minati. Indorelawan menghadirkan template CV yang bisa kamu edit lalu uggah ke laman profil.

Cari aktivitas kerelawanan yang kamu minati: Setelah profil kamu sudah lengkap, cari aktivitas yang kamu minati baik lokal atau pun virtual. Indorelawan mempunyai tiga kegiatan utama yang bisa kamu pilih, yaitu project (aktivitas yang harus diselesaikan dalam tenggat tertentu), regular (aktivitas yang dilakukan secara rutin berdasarkan jadwal hari dan jam tertentu) dan event (aktivitas yang yang dilaksanakan pada satu ada beberapa waktu tertentu .

Ada juga beberapa pilihan fokus atau interest yang bisa kamu pilih, yaitu pendidikan, lingkungan, kesehatan, bantuan hukum, pengembangan masyrakat, perdamaian serta toleransi dan masih banyak lagi.

Daftar ke kktivitas yang kamu minati: Jika kamu sudah menemukan aktivitas yang cocok, klik tombol Jadi Relawan, kemudian isi form pendaftaran. Sesudah selesai, tunggu status aplikasi melalui fitur pesan.

Jadi inspirasi: Yang terakhir, kamu akan mendapatkan testimoti dan badger dari organisasi. Kamu juga bisa untuk membagikan testimoti tersebut ke media sosial.

Jooble

Jooble adalah situs web pencari kerja internasional di 69 negara. Setiap harinya, Joble mengumpulkan lowongan kerja dari 250 ribu situs web di seluruh dunia, seperti web perusahaan, iklan baris, jejaring sosial, dan lainnya. Kamu bisa membuka websitenya untuk mencari lowongan volunteer di kolom search.

Contoh Volunteeer di Kalangan Mahasiswa

Mengutip jurnal UGM dan ulasansaya.com , ada bermacam-macam contoh kegiatan volunteer yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, di antaranya:

  1. Menjadi relawan ketika ada situasi bencana
  2. petugas lapangan untuk program universitas dan pemerintah
  3. Tenaga pendamping lembaga swadaya masyarakat lokal, nasional, serta NGO Internasional.

Nah, itulah mengenai pembahasan pengertian, alasan, manfaat, cara menjadi volunteer, sampai contohnya. Untuk kamu yang berminat menjadi seorang volunteer, semoga pembahasan ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar