Mengetahui Lebih Dalam Mental Block dan Cara untuk Mengatasinya

Apa sebelumnya kamu pernah mendengar mental block? sesuai dengan artinya secara harfiah, mental block adalah kondisi mental yang bisa menjadi penghambat di segala aktivitas dan membuat mengganggu tingkat produktivitas seseorang.

Mental block adalah sebuah gangguan psikologis yang harus kamu usir jauh-jauh. Karena, kondisi ini bisa membuat seseorang kehilangan sebagian atau seluruh rasa percaya dirinya. Untuk mengetahui lebih lanjut definisi, jenis-jenis, dan cara mengatasi mental bloc berikut di bawah ini.

mental block

Apa itu mental block?

Tahukah kamu menurut ulasansaya.com apa itu mental block? Mental block adalah suatu kondisi yang cukup berbaya jika dilihat secara psikologis. Banyak ahli menjelaskan bahwa kondisi ini berupaya penolakan atas sejumlah aksi karena kurangnya rasa percaya diri.

Dengan adanya penolakan pada otak, makan tubuh merespon dengan bereaksi sehingga berakibat pada penghambatan berbagai aktivitas, motivasi, inovasi, dan masih banyak lagi. Mental block juga kondisi yang cukup umum dialami oleh kalangan masyarakat.

Dengan hadirnya gangguan psikologis ini, biasanya terjadi pada dalam dunia atlet, dunia pelajar sampai dunia bisnis.

Jika kondisi ini hadir dalam dunia olahraga, mak akan memberi dampak negatif seperti menghambat performa para atlet, meski sudah latihan yang cukup, atlet yang mengalami mental block biasanya tiba-tiba tak mampu menggerakkan badannya seperti latihan.

Bentuk Mental Block

Dibentuk oleh sejumlah pakar gangguan ini memiliki 7 bentu yang berbeda. Berukt penjelasannya di bawah ini.

Self Doubt

Bentuk pertama yaitu adalah bentuk keraguan terhadap kemampuan diri sendiri. Jenis ini sangat berbahaya karena bisa menurunkan performa seseorang dalam menunjukkan bakatnya. Penderita self doubt biasanya berpikir bahwa dirinya tidak bisa memenuhi kriteria yang seharusnya dicapai meski sudah berusaha sekuat tenaga.

Comparison

Comparison mengartikan perbandingan. Artinya, gangguan ini bisa membuat seseorang membandingkan kemampuannya dengan kemampuan orang lain dan menjadikan kesuksesan orang lain sebagai sebuah ancaman untuknya. Hal tersebut juga bisa terjadi jika seseorang merasa bahwa tak ada peluang apapun yang tersisa di dunia ini,

Indecision

Indecsion bisa menyebabkan seseorang merasa was-was ketika hendak memutuskan sesuatu. Karena, mereka akan lebih mempertimbangkan segala kemungkinan yang belum tentu akan terjadi. Hal ini pun cukup berbahaya jika dibiarkan terus menerus, karena akan mengubur kemampuannya dalam bertindak cepat dan tepat.

Uncertainly

Yang satu ini jika sekilas mirip dengan bentuk indecsion. Unncertainly juga mengacu terhadap ketidakmampuan seseorang dalam menemukan cara maupun solusi ketika diminta membuat keputusan. Seseorang yang mengalami gangguan ini cenderung kebingungan saat dirinya diberi sejumlah opsi.

Fixed Mindset

Tahukah kamu bahwa gangguan psikologis yang bisa menghambat pola pikir juga terjadi pada seseorang yang memiliki rasa percaya diri berlebih? karena, mereka akan terus menerus berpikir sebagai manusia yang paling hebat dan tak akan bisa dikalahkan oleh siapapun.

Kemungkinan terburuk dari contoh gangguan psikologis ini adalah menganggap kekalahan adalah hal yang paling memalukan hingga bersih keras untuk mengahalalkan segala cara untuk bisa menang.

No Limits

Kebanyakan orang berpikir menjadi seseorang yang bisa dalam segala hal akan menyenangkan. Namun, tidak sepenuhnya benar. Manusia yang ahli dalam semua hal malah bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk gangguan mental. Karena, mereka akan lebih mampu membagi fokus sampai tertekan batinnnya.

Penyebab Mental Block

Kurang istirahat: Minimnya jam tidur bisa meningkatkan probabilitas kamu terkena gangguan ini dikarenakan rasa lelah yang berlebih.

Lingkungan sekitar terlalu ramai: lingkungan yang terlalu padat atau ramai bisa memperparah stress. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk luangkan waktu berlibur ke tempat yang sunyi untuk menenangkan pikiran.

Tidak fokus: Jika kamu mengalami gejala uncertainly, maka salah satu penyebabnya adalah kurangnya fokus.

Punya kebiasaan menunda-nunda sesuatu:terbiasa dengan menunda pekerjaan bisa berakhir menjadi kecemasan yang luar biasa. Untuk itu, kerjakanlah semuanya dengan tepat waktu.

Imposter syndrome: sindrom ini atau dikenal sebagai sindrom penipu membuat seseorang beranggapan bahwa dirinya tidak kompeten.

Perfesionisme: sifat tergila-gila akan kesempurnaan bisa menghambat produktivitas kamu karena cenderung tidak cepat dalam menyelesaikan sesuatu. Ini juga bisa membuat seseorang beranggapan bahwa dirinya tidak boleh kalah dari siapapun.

Gizi buruk: selain karena masalah psikologi, gangguan mental juga bisa dikarenakan adanya gizi yang buruk sehingga tubuh cepat kekurangan imunitas.

Pesimisme: Pesimisme merupakan bentuk gangguan kepercayaan lainnya yang bisa menjadi penyebab utama terhadap produktivitas kamu. Maka dari itu, berusahalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan hal-hal yang membuat kamu nyaman terlebih dahulu.

Ciri-ciri Mental Block yang bisa Diamati

Hati Sensitif dan Mudah Merasa Tersinggung

Mental block juga ditandai dengan perasaan yang sensitif serta mudah tersinggung. Beberapa orang yang tidak mengetahui mental block beranggapan kondisi ini sifak buruk seseorang. Namun, jika kamu merasakan emosi yang meluap diiringi rasa frustasi pada hal sepele, makan jangan untuk menyepelekannya.

Kurangnya bergairah ketika berhubungan dengan lawan jenis

Karena hormon dan gairah seseorang tergantung dengan pembawaan perasaan dan energi mereka, makan kamu bisa menandai ciri ini dengan memperhatikan penurunan gairah saat berhubungan seks. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat hilangnya rasa percaya diri atau adanya trauma di masa lalu.

Tidak memiliki energi

Ciri yang kedua yaitu selalu terlihat lemah dan tidak berdaya. Hal ini disebabkan karena otak mereka cenderung menghambat segala laju aktivitas dengan hanya memberikan sugesti dan hal-hal yang berbau negatif. Meski terdengar tak serius kondisi ini cukup merepotkan apabila muncul di hari penting.

Cenderung merasa tertekan

Seseorang yang terganggu secara psikologis biasanya akan mudah tertekan saat melakukan sesuatu. Meski tak ada siapapun yang menuntutnya untuk sempurna, mereka akan terus menekan dirinya sendiri untuk menjadi yang terbaik. Situasi ini termasuk berbahaya karena bisa menyeret korban pada depresi berkelanjutan.

Cara Mengatasi Mental Block

  1. Tata ulang kembali acara berpikir kamu agar bisa melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.
  2. Mengenali segala tanda-tanda gangguan psikologi secara baik.
  3. Mengendalikan diri ketika memiliki banyak pikiran yang menghambat performa kamu.
  4. Mulailah dengan langkah yang sederhana untuk mengurangi gejala yang muncul semampu kamu.
  5. Jangan memendam perasaan maupun emosi kamu, cobalah untuk bercerita dengan orang lain atau bisa juga dengan menulisnya di selembaran kertas.
  6. Tingkatkan pola hidup sehat dengan rajin olahraga, menenangkan pikiran atau konsultasi dengan profesional.

Itulah mengenai definisi mental block, jenis, dan cara untuk megatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar