4 Fungsi Manajemen dan Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen

Sebenarnya ada berapa fungsi manajemen dan apa saja? Secara umum ada 4 fungsi manajemen yakni perencanaan (planing), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controling). Fungsi-fungsi tersebut penting dan saling tumpang tindih. Setiap fungsi menyatu sama lain & masing-masing mempengaruhi kinerja yang lain.

Seorang manajer yang baik tentu harus bisa menguasai 4 fungsi tersebut agar penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi bekerja dengan maksimal untuk mendapatkan kinerja yang tinggi. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang 4 fungsi tersebut, mari simak artikel di bawah ini.

4 Fungsi Manajemen

Perencanaan (planning)

Salah satu peran manajer adalah membuat rencana untuk memenuhi tujuan serta sasaran perusahaan. Dalam tahap ini manajer mengalokasikan sumber daya karyawan dan mendelegasikan tanggung jawab, serta menetapkan jadwal dan standar penyelesaian yang termasuk realistis. Perencanaan mengharuskan yang berada di peran manajemen untuk terus memeriksa kemajuan tim dan mungkin saja membuat penyesuaian kecil jika diperlukan, sambil harus tetap mempertahankan gambaran yang jelas tentang tujuan dan sasaran perusahaan yang lebih besar.

Banyak dari fungsi perencanaan seseorang terdiri dari bekerja dengan mandiri untuk menentukan tanggung jawab apa yang harus diberikan kepada karyawan mana dan menetapkan prioritas untuk tugas-tugas tertentu. Contohnya menuturut ulasansaya.com , manajer berurusan dengan perencanaan ketika mereka bertemu dengan pimpinan perusahaan untuk membahas tentang tujuan jangka pendek maupun panjang, dan jika mereka mengkomunikasikan proyek barus dengan spesifik ke tim mereka untuk memastikan tujuan individu terpenuhi tepat waktu.

Pengorganisasian (organizing)

Seiring dengan berjalannya perencanaan , keterampilan organisasi manajer bisa membantu memastikan perusahaan berjalan dengan lancar. Mulai dari menetapkan proses serta struktur internal mengetahui karyawan atau tim mana yang cocok untuk tugas tertentu, menjaga semua orang dan segala sesuatu tetap terorganisir sepanjang operasi sehari-hari merupakan salah satu fungsi penting bagi manajer.

Organisasi bukan hanya tentang mendelegasikan tugas dengan efisien dan memastikan karyawan karyawan memiliki apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka. Manajer juga harus bisa beradaptasi untuk menanggapi sebuah tantangan baru. Seperti sedikit menyesuaikan jadwal untuk proyek maupun mengalokasikan kembali tugas dari satu tim ke tim lainnya. Atau, itu bisa saja berarti seorang manajer dapat secara signifikan mengubah struktur dan peran internal tim sebagai respons pada pertumbuhan perusahaan.

Pengarahan (leading)

Manajer harus merasa nyaman serta percaya diri dalam memimpin tugas harian anggota tim. Komunikasi dan kepemimpinan yang sangat kuat ketika menetapkan tujuan. Kepemimpinan bisa dilihat dengan berbagai cara, termasuk mengetahui ketika karyawan membutuhkan dorongan tambahan sekaligus pujian untuk menangani konflik antara anggota tim secara adil dan tegas. Manajer seringkali bisa berfungsi sebagai pemimpin bahkan dalam obrolan ringan dengan mencontohkan kualitas yang mendukung, mendorong, dan memotivasi.

Pengendalian (controling)

Untuk memastikan semua fungsi di atas bekerja menuju keberhasilan perusahaan, manajer harus bisa dengan konsisten memantau kinerja karyawan, kualitas kerja, dan efesiensi proyek yang sudah diselesaikan. Kontrol kualitas dalam manajemen merupakan tentang memastikan tujuan bisnis terpenuhi secara memadai, dan membuat perubahan yang dibutuhkan jika tidak mencapai tujuan akhir bisnis.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah bahwa fungsi dan pelaksanaan manajemen ada lima, di antaranya:

Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan merupakan memikirkan tentang apa yang harus dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan dilakukan agar menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Fungsi Perorganisasian (Organizing)

Fungsi organisasi dilakukan dengan tujuan memecah suatu kegiatan yang besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Organisasi memberikan kemudahan untuk para manajer memantau dan menentukan orang-orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas bersama.

Fungsi Memerintah (Commanding)

Fungsi pemberian pemerintah atau arahan berkaitan dengan upaya memberikan arahan, perintah, dan nasehat kepada bawahan dalam melaksanakan tugasnya masing-masing agar tugas bisa dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Fungsi Pengkoordinasian (Coordinating)

Fungsi koordinasi adalah fungsi yang melaksanakan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan atau kegiatan dengan cara mempersatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terjalin kerjasama yang ditargetkan untuk bisa mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Pengawasan (Controling)

Fungsi pemantauan mengaitkan kegiatan memantau aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi bisa mencapai targetnya, melakukan koreksi jika diperlukan, dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas.

Fungsi Manajemen Menurut George R Terry

George R Terry juga mengemukakan teorinya mengenai fungsi manajemen. Di dalam bukunya dengan judul Principle of Management menjelaskan 4 fungsi manajemen. Fungsi-fungsi tersebut sama dengan fungsi administratif pada umumnya. Yang menerangkan lengkap dari 4 peran manajemen GR Terry.

Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan merupakan dasar pemikiran untuk tujuan serta penyusunan langkah-langkah yang akan nantinya digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan mengartikan untuk mempersiapkan segala kebutuhan, menimbang dengan cermat kendala yang dihadapi dan memutuskan bentuk pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Fungsi Pergorganisasian (Organizing)

Fungsi perorganisasian adalah cara mengumpulkan orang lalu melibatkan mereka dalam pekerjaan yang direncanakan sesuai dengan keahlian dan keterampilan mereka.

Fungsi Pelaksanaan (Actuating)

Fungsi penggerak merupakan menggerakkan organisasi agar beroperasi sesuai dengan pembagian kerja tertentu serta menggerakkan semua sumber daya dalam organisasi agar pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan bisa berjalanan sesuai rencana dan mencapai tujuan.

Fungsi Pengendalian (Controling)

Fungsi kontrol adalah untuk memantau apakah pergerakan organisasi ini sesuai dengan rencana atau tidak. Selain itu, juga memantau penggunaan sumber daya dalam organisasi agar bisa digunakan secara efektif dan efisien tanpa harus menyimpang dari rencana.

Fungsi Manajemen Menurut John F. Mee

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Atur (Atur)
  3. Motivasi (Motivate)
  4. Pengendalian (Supervisi)

Fungsi Manajemen Menurut McNamara

  1. Pengaturan (Pemrograman)
  2. Perencanaan (Planning)
  3. Penganggaran (Budgeting)
  4. Pengaturan Sitem (System)

Fungsi Manajemen Menurut Louis A. Allen

  1. Memimpin (Kepemimpinan)
  2. Perencanaan (Planning)
  3. Tulis (Atur)
  4. Pengendalian (Supervisi)

Fungsi Manajemen Menurut Dr. S. Siagian

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Atur (Atur)
  3. Motivasi (Motivate)
  4. Pengendalian (Supervisi)
  5. Peringkat (Rating)

Fungsi Manajemen Menurut Luther Gullick

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Atur (Atur)
  3. Perjanjian Karyawan (Personil)
  4. Direktur (Pengarahan)
  5. Koordinat (Koordinat)
  6. Pelaporan (Membuat Laporan)
  7. Penganggaran (Budgeting)

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai fungsi manajemen serta menurut para ahli semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.

Tinggalkan komentar