10 Pertanyaan Interview Kerja beserta Jawabannya

Interview merupakan salah satu tahapan seleksi kerja yang begitu penting. Ini merupakan kesempatan untuk kamu mepromosikan diri kepada perekrut bahwa kamu merupakan kandidat yang cocok. Namun, tidak sedikit orang yang gagal pada tahapan yang satu ini. Tentunya penting bagi para pelamar kerja untuk meriset. Ini untuk kamu lebih mempersiapkan jawaban terbaik dari pertanyaan yang diajukan.

Pertanyaan yang sering muncul ketika interview dan jawabannya di bawa ini, bisa kamu sesuaikan dengan pengalaman kerja, posisi yang dilamar, perusahaan yang dituju, dan sebagainya. Pertanyaan wawancara kerja juga biasanya tidak jauh berbeda di setiap perusahaan berikut dari ulasansaya.com .

10 Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Berikut ini pembahasan mengenai contoh pertanyaan interview kerja beserta jawabannya.

Ceritakan tentang Diri Kamu

Pertanyaan ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk menjelaskan atau menceritakan tentang diri kamu, dan alasan mengapa kamu cocok mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan. Kamu juga bisa menceritakan mulai dari nama, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan sejenisnya.

Namun, kamu juga tidak perlu terlalu menjelaskan detail seperti tanggal lahir, alamat rumah, atau berat/tinggi badan, karena hal tersebut sudah tercantum dalam CV. Jadi, jelaskan saja diri kamu secara singkat.

Contoh jawabannya:

Nama saya Bayu lulusan dari Universitas Jakarta s1 Ilmu Komunikasi. Saat ini saya ingin mencoba mengisi posisi yang dibutuhkan, yaitu bidang humas. Selama menempuh kuliah, saya aktif dalam organisasi kampus dan bergabung dengan komunitas di sana.

Dengan kemampuan saya miliki, saya siap bisa berkontribusi langsung dengan perusahaan.

Sebutkan Kelebihan Kamu

Contoh Interview kerja selanjutnya adalah menyebutkan apa saja kelebihan yang kamu miliki. Perekrut tentunya ingin mengetahui keunggulan yang kamu punya atau apakah sudah kompeten dengan posisi yang ingin dilamar sekarang.

Cari tahu skill yang kamu miliki dan berkaitan dengan posisi yang dilamar. Lalu ceritakan mengenai kelebihan tersebut dan apa kegunaannya untuk pekerjaan.

Contoh jawabannya:

Sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Untuk mengurangi misskomunikasi, saya mampu menyampaikan informasi dengan cara yang tepoat.

Sehingga koordinasi tim yang bekerja sama dengan saya pun akan berjalan dengan baik, termasuk komunikasi bersama klien.

Apa saja kelemahan kamu?

Tidak hanya kelebihan, kamu juga akan ditanyakan kelemahan dalam diri kamu. Jangan menjawab kamu tidak memiliki kelemahan maupun kekurangan apapun. Kamu tetap bisa menjelaskan kelemahan, dengan meminimalisir agar tidak terlalu jelas.

Cara menjawabnya:

Kekurangan yang saya miliki saat ini adalah sifat pelupa saya, sehingga saya sering ceroboh ketika melakukan sesuatu. Tetapi saya mengakalinya dengan mencatat hal penting yang berkaitan dengan pekerjaan, agar tidak ada yang terlewat.

Apa saja yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?

Sebelum wawancara kerja ada baiknya kamu meriset terlebih dahulu tentang perusahaannya, atau bertanya langsung kepada orang yang bekerja di sana.

Contoh jawabannya:

Perusahaan Bapak/Ibu adalah perusahaan di bidang pendidikan terbaik dan berpengalaman. Produk yang ditawarkan pun sangat inovatif dan memiliki kualitas unggulan, sehingga dari sejumlah kelebihan ini membuat saya tertarik untuk melamar di perusahaan ini.

Saya juga sudah bertanya pada teman/kerabat saya yang sudah bekerja di perusahaan ini, sehingga saya akan lebih dalam lagi tentang perkembangan perusahaan ini.

Mengapa kamu tertarik untuk melamar di posisi ini?

Pertanyaan interview ini sering diajukan saat wawancara kerja. Jawaban yang sebaiknya kamu sebutkan pada pewawancara adalah menyebutkan passion kamu dibidang pekerjaan tersebut.

Secara psikologi, hal ini menunjukan perekrut ingin mengetahui sejauh mana kamu serius kamu melamar di posisi tersebut. Berikut contoh jawabannya:

Karena saya memiliki pengalaman serta latar belakang pendidikan yang memang sesuai dengan posisi ini. Terlebih perusahaan Bapak/Ibu saat ini menjadi perusahaan terbaik di segala bidang, sehingga saya ingin berkarir di perusahaan ini.

Mengapa kami harus menerima kamu di perusahaan ini?

Jika ada pertanyaan tersebut kamu bisa menjawab atau menjelaskan tentang profesional skill yang kamu kuasai. Tunjukan bahwa apa yang kamu miliki sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh jawabannya:

Kemampuan manajemen waktu menjadi salah satu requirements di posisi yang saya lamar saat ini, dan kemampuan itulah yang menjadi salah satu kelebihan saya. Bahkan saya memiliki skill yang diperlukan dan berkaitan dengan teknologi, seperti penggunaan platform sosial media ternama. Jika saya diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini, saya akan memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Apa rencana hidup di lima tahun kemudian?

Kamu juga harus sudah menyiapkan jawaban untuk pertanyaan ini agar menunjukan kamu bahwa akan tumbuh bersama dengan perusahaan dalam waktu mendatang. Beri jawaban yang spesifik dan hubungan dengan goals tujuan perusahaan tersebut.

Contoh jawaban:

Goals yang saya miliki di lima tahun kedepan jika saya berhasil kerja di perusahaan ini adalah menjadi humas media online yang berkaitan dengan sosial media yang ada. Saya percaya bahwa pelatihan di perusahaan akan terus mendukung perkembangan soft dan hard skill yang saya punya untuk meningkatkan jenjang karir.

Kontribusi apa yang bisa kamu berikan pada perusahaan?

Jawablah pertanyaan ini dengan menjelaskan apa saja pencapaian yang kamu dapatkan di pekerjaan sebelumnya. Kemudian, kaitkan dengan posisi yang di lamar sekarang.

Contoh jawabannya:

Saya memiliki pengalaman di bidang humas kurang lebih 2 tahun sehingga satu tahu apa saja strategi yang tepat, dalam hal pengembangan perusahaan di media sosial pada perusahaan ini.

Mengapa kamu resign dari pekerjaan sebelumnya?

Pertanyaan ini akan muncul jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.Dan jika ditanyakan, sebaiknya kamu untuk tidak menjelekan perusahaan atau pekerjaan sebelumnya, tapi jawablah dengan kalimat yang profesional dan tidak menyudutkan pihak apapun.

Contoh jawabannya:

Saya tertantang dengan posisi yang saya lamar sekarang dan ingin mencari ilmu bari di perusahaan Bapak/Ibu. Sehingga saya mampu memaksimalkan skill yang telah saya miliki dan bisa berkontribusi dalam jangka panjang dalam perusahaan ini.

Bagaimana cara kamu menghadapi stress atau tekanan pekerjaan?

Pertanyaan interview dan jawabannya selanjutnya yang sering diajukan adalah mengenai cara menghadapi tekanan atau stress. Ceritakan dengan singkat stress apa yang kamu hadapi di perusahaan sebelumnya.

Contoh jawabannya:

Stress menjadi hal yang wajar untuk siapapun yang bekerja di suatu perusahaan. Namun biasanya, saya akan menenangkan pikiran terlebih dahulu atau beristirahat sejenak, agar pikiran fress kembali.

Nah, itulah pertanyaan-pertanyaan interview yang umum ditanyakan, tentunya masih ada banyak lagi pertanyaan interview. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat khususnya kamu yang akan interview.

Tinggalkan komentar